Jumat, 27 Juli 2012

AIR KETUBAN (LIQUOR AMNION)

 CIRI-CIRI KIMIAWI
          Volume air ketuban pada kehamilan cukup bulan kira kira 1000-1500 cc, air ketuban berwarna putih keruh, berbau amis, dan berasa manis. Reaksinya agak alkalis atau netral, dengan berat jenis 1,008. Komposisinya terdiri atas 98% air, sisanya albumin, urea, asam urik, kreatinin, sel sel epitel, rambut lanugo,verniks kaseosa, dan garam anorganik. Kadar protein kira kira 2,6% per liter, terutama albumin.
          Dijumpainya lesitin dan sfingomielin dalam air ketuban amat berguna untuk mengetahui apakah paru paru janin sudah matang, sebab peningkatan kadar lesitin merupakan tanda bahwa permukaan paru paru (alveolus) diliputi oleh zat surfaktan. Ini merupakan syarat bagi paru paru untuk berkembang dan bernafas. Cara penilaiannya adalah dengan jalan menghitung rasio L/S. bila persalinan berjalan lama atau ada gawat janin atau janin letak sungsang, maka kita akan jumpai warna ketuban yang keruh kehijauan, karena telah bercampur dengan mekoneum.
          Air ketuban berasal dari kencing janin (fetal urine), transudasi dari darah ibu, sekresi dari epitel amnion, dan juga asal campuran (mixed origin).
Download : click here

0 Comments:

Post a Comment



IP

By :
Free Blog Templates